English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, August 4, 2009

KEPEDULIAN PEMUDA TERHADAP PEMBANGUNAN

Pemuda seringkali diidentikan dengan tawuran, miras, kenakalan dan berbagai stigma negative lainnya. Penilaian ini tidak semuanya benar karena masih ada juga secerca harapan dari potensi dan kemampuan yang dimiliki pemuda. Hal ini ditunjukan oleh pemuda Kecamatan Polen dalam mendukung program P2DTK yang telah mengalokasikan 5% dari Dana BLM Kecamatan untuk kegiatan pemuda, ini merupakan wujud perhatiaan pemerintah terhadap potensi dan kemampuaan yang ada pada pemuda.

Dana BLM Kecamatan Siklus 1 dan 2 salah satu peruntukannya sesuai dengan hasil musyawarah kecamatan perangkingan adalah untuk kegiatan pemuda. Usulan pemuda yang didanai adalah pembuatan 2 lapangan volley, podium upacara, dan pembuatan tiang gawang lapangan bola kaki, dan pengadaan alat olahraga untuk beberapa desa, kegiatan ini terpusat di ibu kota kecamatan dengan Total dana Rp.46.300.000. Kegiatan ini dipandang perlu karena selama ini pemuda merasakan kesulitan mengembangkan potensi dan bakat olahraga yang dimiliki karena ketiadaan sarana dan prasarana. Pemuda sangat antusias sejak proses perencanaan sampai pelaksanan kegiatan yang langsung ditangani oleh pemuda, hal ini terlihat dengan keaktifan pemuda dalam mengikuti proses tahapan kegiatan.

M.Teflopo Ketua karang Taruna Kecamatan Polen memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada P2DTK yang memberikan perhatian kepada para pemuda, “mekanisme P2DTK sangat panjang tapi memberikan pelajaran berharga kepada masyarakat khususnya pemuda dalam hal partisipasi sejak awal perencanaan sampai proses kegiatan berjalan dan bukan itu saja tetapi bagaimana memelihara hasil yang telah dikerjakan“. Sejalan dengan itu Tokoh Pemuda, Kecamatan ‘Hes Pay” mengatakan pemuda jika diberikan kesempatan untuk berbuat sesuatu maka akan mecurahkan segala kemampuan dan potensi yang dimilikinya.
Aperesiasi dan harapan yang disampaikan mengindikasikan bahwa stigma negative terhadap pemuda belum tentu semuanya benar. Pemuda perlu diberikan ruang dan kesempatan untuk berapresiasi.
Berkenan kegiatan pemuda, Camat Polen.Albertus Fay,S.Sos, menghimbau kepada Pemuda supaya memanfaatkan potensi dan bakat yang ada karena apa yang telah dibuat memakai dana masyarakat. Camat juga berterima kasih kepada P2DTK yang memberikan perhatian kepada bidang kepemudaan

Untuk diketahui Kegiatan pemuda siklus 1 dan 2 BLM Kecamatan Polen siklus 1&2 diresmikan oleh Bupati TTS Ir. Paulus V.R. Mella, M.Si tanggal 8 Agustus 2009 pada saat itu juga Bupati memberikan bantuan kepada para pemuda berupa 2 Bola Volley dan buku tulis.

Oleh : Luther Karimoy, FK Kec. Polen, Kab. TTS